Disenangi
pasien, dihormati dan diharagai oleh keluarga pasien, disayangi teman -
teman atau rekan kerja dan dibanggakan oleh orang tua dan keluarga
merupakan harapan kita semua sebagai tenaga kesehatan baik dokter,
perawat, bidan, analis, radiografer, ahli gizi, rekam medis, dan lain
sebagainya yang setiap harinya berkecimpung dengan pasien dan keluarga
pasien. Situasi seperti itu dapat kita temukan selain di rumah sakit
juga dapat kita temukan di klinik, puskesmas, rumah bersalin, bidan
praktek swasta atau yang lain sebagainya. Berbagai hal tentang pasien
dan keluarga pasien akan kita temukan di tempat kerja tersebut. mulai
dari pasien yang cerewet sampai dengan pasien yang mengamuk. Nah,
menghadapi hal seperti itu ibarat sudah menjadi makanan atau pekerjaan
kita sehati - hari.
Disini
penulis akan berbagi tips sedikit tentang cara perawat, bidan, dokter
dan tenaga medis lainnya menghadapi pasien dan keluarga pasien yang
cerewet, kritis dan suka emosi.
Hal
pertama yang anda lakukan adalah sebelum berangkat kerja pastikan
kondisi kesehatan anda benar - benar prima supaya dalam memberikan
asuhan kesehatan kepada pasien dapat dengan baik dan sempurna. Kemudian
buang sejenak masalah anda di rumah baik itu masalah anda pribadi,
masalah keluarga atau masalah yang lainnya. Hal ini dilakukan agar anda
tetap berkonsentrasi dan fokus terhadap pekerjaan anda, sehingga
meminimalisir kesalah yang bisa membuat atau memancing kemarahan pasien
dan keluarga pasien.
Hal
kedua yang perlu anda persiapkan untuk menghadapi tantangan pelayanan
di masa kini adalah bekali diri anda dengan pengetahuan tentang segala
macam yang berkaitan tentang profesi anda dan tempat kerja anda,
sehingga ketika anda ditanya tentang sebuah masalah oleh pasien atau
keluarga pasien jawaban anda dapat memuaskan mereka.
Hal
ketiga adalah bersikaplah dengan ramah, sopan dan senyum setiap anda
berhubungan dengan pasien atau keluarga pasien sehingga pasien dan
keluarga pasien akan senang melihat kita. Ketika mereka sudah suka
kepada kita maka seterusnya sudah dipastikan akan tetap repek dan sayang
kepada kita.
Senyum Perawat Yang Indah Dipandang Mata |
Hal
keempat yang perlu anda lakukan adalah jangan panik dan gugup ketika
anda ditanya oleh keluarga atau pasien tentang masalah atau pertanyaan
yang tidak anda kuasai sebelumnya. Jangan berikan jawaban yang kesannya
mengarang! Sebab sekarang pasien dan keluarga pasien sudah pandai
mencari informasi melalui media internet dan sebagainya. Saran saya
ungkapkan saja sejujurnya misal: Perawat ditanya tentang masalah tentang
pasien tetapi tidak bisa menjawabnya, anda bisa menjawab dengan jawaban
ini "Owh iya ibu/bapak, untuk pertanyaan itu mohon maaf bukan wewenang
saya untuk menjawbnya, mungkin dokter, kepala ruang atau PP kami bisa
menjawabnya, nanti akan kami sampaikan tentang pertanyaan dan masalah
ibu tersebut" atau sebagai contoh lagi ketika anda ditanya tentang isi
sebuah obat serta indikasi dan kontraindikasinya yang sebelumnya anda
tidak mengetahuinya, anda bisa menjawab dengan jawaban seperti ini
"baik, bapak/ibu mohon maaf obat itu masih baru juga bagi kami, sehingga
kami juga perlu mencari referensinya, sebentar ibu sabar dulu ya.. kami
coba tanyakan pada bagian farmasi atau kami akan coba searcing sebentar
mengenai isi dan efek samping obat itu, ibu sabar sebentar ya..
Hal
terakhir adalah cobalah bersikap respon secepatnya ketika pasien atau
keluarga pasien membutuhkan kita. Jika anda menjumpai keluarga yang
benar - benar sudah kelewatan maka segeralah panggil bantuan satpan atau
supervisi yang sedang berdinas pada saat itu untuk membantu mengamankan
anda dan pasien anda. Tetap jaga diri anda untuk tidak ikut - ikutan
emosi, sabar dan tetaplah berlaku baik pada pasien atau keluarga pasien
tersebut. Ketika suasana tenang dan sunyi Sekali - kali ajaklah pasien
dan keluarga pasien untuk bercanda, namun jangan berlebihan.
Perawat Yang Ramah dan Terampil |
Itulah
sedikit tips dan cara mencegah atau menhadapi pasien dan keluarga
pasien yang emosi dan cerewet serta kritis. Intinya berilah kesan awal
yang baik dari diri anda pada pasien dan keluarga pasien anda. Pokoknya
apabila anda sudah dikenal baik, ramah dan rajin oleh pasien dan
keluarga pasien maka seterusnya kesan itu akan tetap berkesan bagi
mereka. Bahkan nama anda akan selalu dicari - cari oleh mereka. Semoga
tulisan ini bisa menjadi motivasi bagi anda para tenaga kesehatan
sehingga akan terjalin hubungan yang harmonis antara anda dan pasien
serta keluarga pasien anda. Tetaplah bijak, sopan, ramah, dan sabar
dalam menghadapi pasien anda. Semoga bermanfaat..
0 comments:
Post a Comment