SATUAN ACARA PENYULUHAN
Pokok Bahasan : Anticipatory Guidance (Petunjuk Antisipasi)
Sub Pokok Bahasan : Anticipatory Guidance pada Usia Toddler
Sasaran : Ibu yang mempunyai anak usia toddler
Hari/Tanggal : Agustus
2010
Tempat : Ruang Gladiol RSU Wijaya Kusuma
Waktu : 15 Menit
Penyuluh :
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti serangkaian
penyuluhan diharapkan Ibu yang mempunyai anak toddler dapat memahami tentang
anticiparory guidance (petunjuk antisipasi) pada usia toddler.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
KHUSUS
Setelah mendapatkan penyuluhan selama 15 menit
diharapkan sasaran dapat:
1.
Menjelaskan pengertian
anticipatory guidance pada usia toddler .
2. Mengetahui
karakteristik khas anak usia toddler.
3.
Melatih anaknya untuk mengontrol
berkemih dan defekasi.
4.
Mengetahui untuk mengenalkan pada
anak tentang cara berkemih dan defekasi dengan benar sesuai kebudayaan dan
nilai keluarga.
5.
Menjelaskan tentang pentingnya
melatih anak untuk berkemih dan defekasi di tempat yang benar.
6.
Mengajarkan pada anak tentang cara
menggosok gigi dengan benar.
C. CIRI PESERTA DIDIK
Peserta didik adalah para Ibu yang
memiliki anak usia toddler dengan latar belakang pendidikan mayoritas SMA.
D. POKOK MATERI
1.
Pengertian anticipatory guidance
pada usia toddler .
2. Karakteristik khas
anak usia toddler.
3.
Cara melatih anak untuk mengontrol
berkemih dan defekasi.
4.
Cara mengenalkan pada anak tentang
cara berkemih dan defekasi dengan benar sesuai kebudayaan dan nilai keluarga.
5.
Pentingnya melatih anak untuk
berkemih dan defekasi di tempat yang benar.
6.
Cara menggosok gigi dengan benar.
E. KEGIATAN PENYULUHAN
No
|
Waktu
|
Kegiatan
Penyuluhan
|
Respon Peserta
|
1.
|
2 menit
|
Pembukaan, menjelaskan
maksud dan tujuan penyuluhan.
|
Siap mendengarkan.
|
2.
|
5 menit.
|
Menjelaskan materi dan mendemonstrasikan.
|
Memperhatikan.
|
3.
|
6 menit.
|
Diskusi dan tanya jawab.
|
Mengajukan pertanyaan dan menjawab.
|
4.
|
2 menit.
|
Penutup dan menyimpulkan materi.
|
Mendengarkan dan memperhatikan.
|
F. METODE
-
Ceramah
-
Diskusi (Tanya jawab)
G. MEDIA
-
Leaflet
0 comments:
Post a Comment