Monday, November 16, 2020

Manfaat Pete Bagi Ibu Menyusui



Pete merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam golongan polong-polongan. Biji Pete memiliki bau khas yang menyengat. Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang menggemari pete sebagai pendamping saat makan.
Pete merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan sumber protein, mineral, dan vitamin. Kandungannya baik untuk ibu hamil maupun menyusui. Selain itu, pete juga kaya akan kalsium dan zat besi yang dapat membantu mengurangi anemia pada ibu menyusui. Sayangnya, belum ada literatur yang membahas langsung mengenai hal ini.

Manfaat pete bagi ibu menyusui diantaranya adalah :

1. Mencegah anemia
Pete kaya akan zat besi yang efektif meningkatkan hemoglobin dalam darah sehingga mencegah anemia pada ibu menyusui.
Pete dapat langsung dikonsumsi ataupun diambil air rebusannya dan ditambahkan perasan lemon serta madu untuk menghilangkan baunya.

2. Mencegah naiknya tekanan darah
Pete memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan rendah garam yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah khususnya bagi ibu yang sedang menyusui. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.
Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengizinkan industri petai untuk membuat klaim resmi atas manfaatnya untuk mencegah tingkat tekanan darah dan juga stroke jantung.

3. Mengatasi depresi & membuat rileks
Ibu menyusui biasanya sering terjaga ditengah malam dan kurang tidur yang bisa menyebabkan awal terjadinya stress. Pete mengandung triptofan yang mampu berubah menjadi serotonin saat didalam tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi lebih rileks.
Penelitian yang dilakukan oleh MIND diantara individu yang berjuang dengan gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai.

4. Memulihkan kerja usus & mengatasi sembelit
Pete merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber serat yang baik. Mengonsumsi pete dapat memberikan serat yang lebih pada tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan serat maka akan mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

5. Meningkatkan daya ingat otak
Salah satu proses yang sangat cepat berkembang pada bayi adalah otak. Sel-sel otak pada bayi akan berkembang dengan baik bila asupan gizinya tercukupi. Mengonsumsi pete pada ibu menyusui bukan hanya meningkatkan daya ingat ibu tetapi juga pada bayi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan potasium pada pete yang cukup tinggi dapat memberikan daya ingat yang baik pada otak.

Meskipun ibu menyusui boleh mengonsumsi pete, namun disarankan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang wajar ya....

Manfaat Pete Bagi Ibu Menyusui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Artikasari Pangestuti

0 comments:

Post a Comment