Wednesday, March 29, 2017

Macam-macam Kelainan / Penyakit pada Mata & Penyebabnya


Kelainan pada mata dapat disebabkan karena beberapa faktor diantaranya adalah faktor keturunan dan kebiasaan yang membuat mata bekerja lebih intens atau keras. Beberapa kelainan mata yang akan dibahas dalam artikel ini antara lain:

Astigmatis
Pengertian Astigmatis atau yang sering dikenal dengan mata silindris adalah suatu kelainan mata yang menyebabkan mata penderitanya menjadi kabur. Gangguan ini terjadi akibat penderita tidak dapat melihat garis horizontal dan vertical secara bersamaan. Kornea pada penderita astigmatis berbentuk abnormal. Kornea normal berbentuk bulat seperti bola, tetapi pada gangguan ini kornea mata memiliki lengkungan yang terlalu besar pada salah satu sisinya. Cara menangani astigmatis ini adalah dengan menggunakan kacamata silinder atau lensa kontak.

Miopi
Pengertian Miopi atau rabun jauh adalah kelainan mata yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat dalam jarak jauh. Penyebab dari miopi adalah bola mata yang terlalu panjang dan bayangan benda yang jatuh di depan bintik kuning. Cara menangani miopi yaitu dengan menggunakan kacamata cekung (negative).

Hipermetropi
Pengertian Hipermetropi atau rabun dekat adalah gangguan pada mata yang ditandai dengan penderita tidak dapat melihat dengan jelas dalam jarak dekat. Penyebab dari hipermetropi ini yaitu adanya kelainan bola mata yang terlalu pendek dan bayangan jatuh di belakang bintik kuning. Cara menangani gangguan ini adalah dengan memakai kacamata lensa cembung (positif).

Presbiopi
Pengertian Presbiopi atau rabun dekat dan jauh adalah gangguan mata yang ditandai dengan penderita tidak dapat melihat dalam jarak dekat dan jauh. Penyebab dari gangguan ini adalah semakin berkurangnya daya akomodasi dari mata. Cara mengatasi gangguan ini adalah dengan memakai kacamata berlensa rangkap (atas negative, bawah positif). 

Rabun senja
Pengertian Rabun Senja adalah suatu gangguan yang ditandai dengan penderitanya tidak dapat melihat dengan baik saat malam hari atau kurang cahaya. Penyebab dari gangguan ini adalah kurangnya vitamin A. cara mencegah dan mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin A.

Keratomalasi
Pengertian Keratomalasi adalah gangguan yang ditandai dengan kornea mata yang keruh yang penyebabnya kekurangan vitamin A yang sangat parah sehingga penyakit ini merupakan tingkat lanjut dari rabun senja. Apabila hal ini tidak segera diatasi akan menyebabkan kebutaan.

Katarak
Pengertian Katarak adalah suatu kelainan pada lensa mata karena lensa mata menjadi kabur dan keruh yang menyebabkan cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina. Katarak dapat diatasi dengan cara operasi. 

Mata Juling
Pengertian Mata Juling adalah suatu kelainan sebagai akibat ketidakserasian kerja otot penggerak bola mata kanan dan kiri. Penyakit ini bisa diatasi dengan cara operasi pada otot mata.

Glaukoma
Pengertian Glaukoma adalah suatu gangguan yang ditandai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata karena danya sumbatan pada saluran di dalam bola mata dan pembentukan cairan berlebih dalam bola mata. Gangguan ini bisa diatasi dengan cara pembedahan atau obat-obatan yang diminum seumur hidup. 

Buta Warna
Pengertian Buta Warna adalah suatu keadaan dimana penderita umumnya tidak dapat membedakan warna tertentu misal hijau dan biru. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan yang tidak dapat disembuhkan akan tetapi ada juga penyebab lainnya misalkan saja karena kecelakaan atau trauma pada mata.



Semoga bermanfaat..

Macam-macam Kelainan / Penyakit pada Mata & Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Artikasari Pangestuti

0 comments:

Post a Comment